Program Kerja

Program Kerja PELITA INSANI
Working Program Pelita Insani


Program Jangka Pendek (Short Term Program) :
 
Internal (Intern) :

  1. Pemberian motivasi untuk pekerja baru maupun lama yang bergabung dalam Pelita Insani agar dalam melayani masyarakat penuh dengan komitmen dan motivasi yang murni.
  2. Pengembangan SDM para pekerja sosial baru maupun lama, juga para relawan dalam berbagai ilmu sosial dan pengetahuan umum mengenai kasus, pekerjaan sosial dan kemanusiaan. Sehingga kelak dapat menjadi pelatih dan pembimbing yang baik bagi masyarakat yang dibina.

  1. Providing motivation for new and existing workers who joined in Pelita Insani that in serving the community full of commitment and motivation is pure.
  2. Human Resources Development of new and old social worker, also volunteers in various social science and general knowledge about the case, social and humanitarian work. So that later can become good coaches and mentors for the community that nurtured.

Implementasi (Implementation) :

  1. Program ini akan dilakukan dengan mengadakan kerjasama baik dalam bentuk diskusi maupun pelatihan dengan berbagai lembaga sosial lainnya yang telah terlebih dahulu ada dengan tetap memperhatikan kesamaan misi, visi, reputasi dan pengalaman mereka selama ini.
  2. Kerjasama juga akan dilakukan dengan kalangan pendidikan terutama perguruan tinggi untuk mendapatkan ilmu pendidikan dan psikologi sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas dan kegiatan sosialnya para pekerja akan lebih fokus dan terarah.

  1. The program will be done by holding a good cooperation in the form of discussions and training with a variety of other social institutions which have been first there by taking into account the similarity mission, vision, reputation and their experience so far.
  2. Cooperation will also be done with education, especially among college to get a science education and psychology so that in carrying out tasks and activities of social workers will be more focused and directed.


External (Extern) :

  1. Membangun jaringan dengan lembaga donor, perusahaan lokal maupun internasional, instansi pemerintah, yayasan lain, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi sosial diseluruh dunia.
  2. Membangun jaringan dengan masyarakat yang peduli kepada sesama untuk bekerja sama.
  3. Mensosialisasikan Pelita Insani dan kegiatannya keseluruh dunia melalui internet.
  4. Mengadakan survey maupun mempelajari data pemerintah maupun media, untuk mendapatkan data dan situasi secara akurat mengenai peta keterbelakangan maupun kemiskinan di Indonesia, penyalahgunaan obat-obat terlarang (narkotika) dan permasalahan AIDS.

  1. Build networks with donors, local and international companies, government agencies, other foundations, nongovernmental organizations, and social organizations throughout the world.
  2. Build networks with people who care for others to cooperate.
  3. Pelita Insani socialize and activities throughout the world via the internet.
  4. Conducting surveys and studying the data the government and the media, to get the data and situations accurately on a map of underdevelopment and poverty in Indonesia, abuse of drugs (narcotics) and AIDS issues.


Implementasi (Implementation) :

  1. Pelita Insani akan melakukan berhubungan dengan pemerintah khususnya lembaga yang terkait langsung dengan permasalahan dan penanganan anak jalanan, misalnya dengan Departemen Sosial, Kementrian Kesejahteraan Rakyat. Hubungan kerjasama ini nantinya akan dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat daerah yang paling kecil ruang lingkupnya.
  2. Kerjasama dengan pihak swasta baik nasional maupun internasional yang berada di Indonesia juga akan dilakukan. Bentuk kerjasama ini nantinya akan dikemas dalam Community Development yang telah dimiliki oleh hampir semua perusahaan tersebut.
  3. Melakukan prensentasi sosial kepada mereka yang mempunyai rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial yang tinggi kepada sesama. Mereka akan mendapatkan gambaran yang jelas ada nyata tentang apa yang sebenarnya ada dan terjadi di sekelilingi mereka tanpa disadari dan juga hal-hal apa saja yang mungkin dan bisa mereka lakukan untuk membantu.
  4. Membuat Blog dan Website sebagai pusat informasi, sarana komunikasi dan korespondensi serta publikasi Pelita Insani baik ke dalam maupun luar negeri tentang perkembangan dan program yang akan dan telah dilaksanakan sesuai dengan misi, visi dan program yang telah dicanangkan.
  5. Melakukan kegiatan langsung di lapangan untuk membuktikan kebenaran antara data-data yang ada dan melihat realita yang sebenarnya, sehingga program-progam yang akan dilakukan akan lebih tepat sasaran.

  1. Pelita Insani will make contact with government agencies in particular is directly related to the issue and handling of street children, for example by the Ministry of Social Affairs, Ministry of Welfare. This cooperative relationship will be done starting from the central level down to the smallest local level scope.
  2. Cooperation with the private sector both nationally and internationally in Indonesia will also be conducted. This form of cooperation will be packaged in Community Development which has been owned by almost all companies.
  3. Doing social prensentasi to those who have a sense of caring and high social solidarity with others. They will get no real clear picture of what actually exists and occurs in sekelilingi they unwittingly and also what things are possible and they can do to help.
  4. Creating a Blog and a Website as an information center, a means of communication and correspondence and publications Pelita Insani into both home and abroad about developments and programs that will and has been implemented in accordance with the mission, vision and programs that have been implemented.
  5. Perform hands-on activities in the field to prove the truth of the existing data and see the actual reality, so the program-program that would do would be better targeted.


Program Jangka Menengah (Medium Term Program) :

  1. Mendirikan rumah singgah bagi anak anak jalanan.
  2. Pelatihan untuk anak-anak jalanan dan masyarakat miskin lainnya dalam berbagai bidang kegiatan berwiraswasta dan bekerja.
  3. Mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) dikantor pusat maupun dikomunitas masyarakat binaan.
  4. Pemberdayaan masyarakat miskin, baik melalui bantuan modal kerja maupun penyaluran kerja agar masyarakat binaan dapat memulai hidup mandiri.

  1. Establish shelters for street children.
  2. Training for street children and other poor communities in various fields of entrepreneurial activities and work.
  3. Establishes Training Center as a training center built communities.
  4. Empowerment of the poor, either through working capital and the distribution of aid work so that people can start to live independently built.


Implementasi (Implementation) :

  1. Pelita Insani akan segera membentuk Rumah Singgah. Di rumah singgah ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan dan operasional Pelita Insani dalam setiap kegiatan dan program-progamnya.
  2. Pelita Insani akan segera menjalankan unit-unit usaha sebagai salah satu cara mendapatkan sumber dana bagi jalannya seluruh kegiatan dan program Pelita Insani. Unit-unit usaha yang siap untuk dijalankan ini nantinya akan melibatkan Anak-Anak Jalanan secara aktif dan layaknya seperti jenis usaha yang dikelola secara profesional lainnya.

  1. Pelita Insani will soon form the Shelter House. In these shelters will become the operational hub of activity and Pelita Insani in any activities and programs.
  2. Pelita Insani will start up the business units as one way of getting funding for the entire course of events and programs Pelita Insani. Business units that are ready to run later this would involve Street Children actively and as such type of business that is managed by other professionals.


Program Jangka Panjang (Long Term Program) :

  1. Pemberian santunan, sesuai dengan kebutuhan bagi masyarakat sangat miskin sesuai hasil survey.
  2. Pembentukan komunitas masyarakat binaan untuk diberikan bantuan melalui program yayasan.
  3. Pemberian bantuan biaya pendidikan bagi anak jalanan, yatim piatu dan anak kurang mampu.
  4. Pemberian Informasi betapa pentingnya pendidikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  5. Pemberian informasi kepada masyarakat mengenai hak dan kewajibannya sebagai warga Negara.
  6. Membantu mempermudah masyarakat binaan untuk mendapatkan fsilitas pelayanan masyarakat dari pemerintah misalnya pelayanan kesehatan, sosial, kependudukan dan pendidikan.
  7. Menjadikan kader kader dari masyarakat yang telah dibina untuk menjadi pelatih dan pembina.
  8. Mendirikan panti Asuhan untuk anak anak yatim piatu dan anak-anak yang terbuang.
  9. Mendirikan panti rehabilitasi bagi masyarakat terkena gangguan jiwa dan pengguna narkotika.
  10. Mendirikan panti jompo bagi masyarakat Lansia yang miskin.
  11. Mendirikan poliklinik dengan biaya murah bagi masyarakat miskin.
  12. Membantu pengelolaan Sekolah gratis untuk program wajib belajar 12 tahun ( SD, SMP dan SMU).

  1. Provision of compensation, according to the needs of the community is very poor according to the survey results.
  2. Establishment of communities built to be given assistance through the foundation program.
  3. Providing tuition assistance for street children, orphans and underprivileged children.
  4. Providing information is the importance of education to improve people's lives.
  5. Inform the public about the rights and obligations as citizens.
  6. Help facilitate the community built to get community service facilities from the government as health service, social, population and education.
  7. Makes the cadres of the society that has nurtured to become a coach and mentor.
  8. Establishes nursing care for children orphaned and children who wasted.
  9. Establish rehabilitation center for people affected by mental illness and drug users.
  10. Establishing a nursing home for the elderly poor.
  11. Founded the clinic with a low cost for the poor.
  12. School management to help free 12-year compulsory education (elementary, junior high and high school).


Implementasi (Implementation) :

  1. Dalam jangka beberapa tahun ke depan sejak berdirinya Pelita Insani ini, maka ditargetkan Pelita Insani akan mampu mandiri dan berdiri sendiri tanpa harus ketergantungan kepada para Donatur dan Lembaga Donor lainnya. Hasil pengembangan dari unit-unit usahanya akan mampu untuk membiayai jalannya Pelita Insani sehingga seluruh program dan kegiatan seperti yang diharapkan sejak awal berdirinya akan dapat tercapai.
  2. Meskipun nantinya akan mandiri, namun kerjasama-kerjasama yang telah terbangun akan tetap terus dibina untuk tetap melaksanakan program-program kemanusiaan dan social lainnya.

  1. Within the next few years since the founding of Pelita Insani this, then target Pelita Insani be able to independently and stand alone without reliance on the Donor and other donor institutions. The results of the development of business units will be able to finance the course of Pelita Insani so that all programs and activities as expected since its inception will be achieved.
  2. Although it will be independent, but cooperation has been built will continue to be developed to continue to implement programs and other social humanitarian.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments